Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz29l7qlvxz Watashi No Burogu Ni Youkoso Irasshaimase: MANAJEMEN DAN MANAJER

MANAJEMEN DAN MANAJER


TUGAS II
MANAJEMEN DAN MANAJER
Dalam tulisan sebelumnya kita telah membahas apa arti dari Manajemen,banyak pengamat yang memaparkan definisi dari Manajemen itu sendiri,pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas :
a.       Tingkatan Manajemen
b.      Fungsi-fungsi Manajemen,dan
c.       Keterampilan Manajerial
Sebelum masuk ke pokok pembahasan diatas,ada baiknya kita mengetahui apa dan siapa itu Manajer. Manajer adalah seseorang yang memimpin dan mengelolah suatu kegiatan baik dalam sebuah instasi ataupun sebuah perusahaan tertentu.
A.      TINGKATAN MANAJEMEN
      Tingkatan dalam sebuah Manajemen ada 4 diantaranya adalah:
1.      Non Managerial adalah bagian dari sebuah perusahaan atau instansi yang tidak masuk dalam struktur ke-manajemenan,tingkatan ini bertugas menjalankan perintah-perintah yang sudah dibuat pleh para manajer,contoh:operator pabrik
2.     First Line Management (Manajemen Lini Pertama) atau yang lebih dikenal dengan istilah manajemen professional,tingkatan manajemen ini merupakan tingkatan manajemen yang paling rendah setelah Non Managerial,mengapa disebut paling rendah karena tingkatan ini hanya bertugas untuk mengawasi dan memimpin karyawan non-managerial,non-managerial disini adalah karyawan yang tidak termasuk dalam struktur ke-Manajemenan dalam sebuah perusahaan atau instansi tertentu.
3.     Middle management (Manajemen Tingkat Menegah),tingkatan manajemen ini memiliki peran sebagai penghubung (connector) antara Manajemen Tingkat Pertama (First Line Management) dan Manajemen Puncak,karena posisi manajemen ini berada ditengah antara manajemen tingkat rendah dan manajemen tingkat tinggi (puncak).
4.     Top Management (Manajemen Puncak),tingkatan ini adalah tingkatan tertinggi dalam piramida manajemen (lihat Gambar 1),dimana pada tingkatan ini bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum untuk mengarahkan jalannya sebuah instansi atau perusahaan tertentu.

                                                                                             Gambar 1

B.      FUNGSI MANAJEMEN
Manajemen memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam sebuah perusahaan atau instansi,dimana fungsi-fungsi dasar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.     Planning (Perencanaan) merupakan fungsi dasar dimana perncanaan ini merupakan ujung tombak dari kegiatan yang akan dilaksanakan di  masa mendatang,perencanaan ini disusun secara teratur dan logis,sehingga dapat dengan mudah ditrima dan implementasikan di lingkungan perusahaan atau instasi tersebut.
2      Organizing (Pengorganisasian) memiliki makna menciptakan sturktur yang saling berkaitan atau berhububgan satu sama lain dalam sebuah ke-manajemenan dan memiliki pengaruh antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.
3.     Actuating (Menggerakkan) berperan sebagai penggerak atau motivator terhadap anggota-anggotanya untuk berusaha bersama-sama dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan bersama.
4.     Controling (Pengawasan) berperan sebagai pengawas dari kegiatan dalam sebuah perusahaan atau instansi agar kegiatan didalamnya dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

C.      KETERAMPILAN MANAJERIAL
      Keterampilan menurut Richard L. Daft yang harus dimiliki oleh seorang Manajer ada 3 kategori diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Conceptual Skill,maksudnya adalah bahwa seorang manajer memiliki keterampilan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi,serta dapat memberikan jalan keluar atau solusi menyertai dampak yang akan datang setelah solusi itu berjalan.
2.    Human Skill,yaitu keterampilan memotivasi atau menggerakkan anggotanya untuk menjalankan sesuatu dalam sebuah organisasi berskala kecil maupun besar,termasuk keterampilan dalam berkomunikasi.
3.     Technical Skill,keterampilan dalam menggunakan dan memanfaatkan sarana kerja,komunikasi dan lain sebagainya.



0 Komentar dari mu,,:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds